Samsung menjalankan GSM & CDMA berbarengan

Jakarta, Meski berbeda ‘dunia’, potensi penjualan ponsel CDMA dan GSM sama-sama dinilai menjanjikan. Melihat potensinya, Samsung bereaksi cepat dengan memasarkan ponsel yang mengawinkan dua teknologi beda ‘dunia’ itu.

“Ternyata banyak juga pengguna ponsel GSM yang juga memiliki ponsel berbasis CDMA. Dan begitu juga sebaliknya,” kata Marketing Manager PT Samsung Electronic Indonesia, Agus Sugiharto, di Hotel JW Marriot, Jakarta, Rabu (11/4/2007).

Melihat kecenderungan pasar, Samsung langsung tebar pesona dengan merilis ponsel seri SCH-W579 yang berkemampuan ganda. Meski sejatinya berbasis CDMA, namun ponsel itu bisa digunakan sekaligus untuk layanan berbasis CDMA maupun GSM.

“Baru Samsung yang pertama yang punya ponsel dual mode on. Bisa aktif sekaligus untuk CDMA dan GSM,” ujar Agus berpromosi.

Menurut dia, pengguna ponsel berbasis GSM masih sangat mendominasi ketimbang ponsel CDMA. Ponsel GSM yang telah beredar di pasar global diperkirakan mencapai 84%, sementara ponsel CDMA baru sekitar 16% saja.

Di Indonesia, Agus memprediksi, sekitar 50%-70% pengguna layanan telekomunikasi berbasis teknologi CDMA, juga memiliki ponsel untuk layanan berbasis GSM. “Melihat tren itu, kami ingin ponsel ini bisa laku sebanyak-banyaknya,” tambah dia, tanpa mau mengungkap target secara spesifik.

Ponsel HSDPA

Selain itu Samsung juga mengaku serius dalam membidik pasar pengguna layanan seluler berkecepatan tinggi, berbasis teknologi High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang merupakan teknologi 3,5G. Hal itu dibuktikannya dengan merilis ponsel HSDPA versi lipat SGH-Z560 dan ponsel HSDPA geser tipis the Ultra Edition 13.8 Z720.

Agus mengatakan, ceruk pasar ponsel 3G di Indonesia diperkirakan bakal meningkat menjadi 17% dari total pasar penjualan ponsel secara umum yang diperkirakan mencapai 13,5 juta unit tahun ini. Sebelum layanan 3G tersedia, lanjut dia, ceruk pasar ponsel 3G hanya berkisar 14%.

“Kalau kami bisa menembus 30% dari 17% itu saja sudah bagus,” ujarnya, mengomentari pertanyaan target Samsung dalam pasar ponsel 3G.

Pada kuartal pertama 2007 ini, masih kata Agus, posisi penguasaan pasar Samsung masih sekitar 5% per bulannya. “Mulai April ini, tren penjualan kami mulai naik. Mudah-mudahan bisa menembus 9% hingga akhir tahun,” pungkasnya.

Ketiga ponsel teranyar Samsung itu dipasarkan dengan harga Rp 6,5 juta untuk SCH-W579, Rp 4,1 juta untuk SGH-Z560 dan Rp 3,5 juta untuk SGH-Z720. (rou/nks)www.detikinet.net

~ by Topan Hidayat on April 12, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: